Menwa 804 UNESA, Karya Bhakti di Desa Bate

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Bertempat di Madrasah Diniyah (Madin) Al Isyroq Desa Bate, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Resimen Mahasiswa (Menwa) 804 Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar karya bhakti, Sabtu (17/9/2016).

Kegiatan tersebut diawali sepak Jum'at malam (16/9/2016) dengan mengambil tema 'Bentuk Dedikasi Kami Untuk Generasi Penerus Negeri'. Karya bhakti Menwa 804 UNESA dijadwalkan berlangsung selama tiga hari untuk mengabdi di tengah-tengah masyarakat setempat.

Menurut Reza, Koordinator Karya Bhakti Menwa 804 UNESA di Desa Bate Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, maksud dan tujuan kegiatan tersebut sangat positif. Kegiatan ini adalah bentuk kontribusi nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu poin nomor ke tiga, Pengabdian Kepada Masyarakat.

"Sehingga ilmu yang kami dapatkan dari perguruan tinggi dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat umum," ujar mahasiswa berdarah Ronggolawe itu.

Sedangkan tujuannya adalah membangun sinergi antara Universitas Negeri Surabaya dengan masyarakat setempat, khususnya para generasi bangsa.

"Dengan kegitan yang nyata ini, Menwa dapat ikut andil newujudkan cita-cita negeri, dengan mengawali mencerdaskan generasi bangsa pemuda desa," jelasnya.

Terpisah, Ustadzah Madin Al Isyroq, Erna Mayasari (29) menyatakan, kegiatan semacam ini merupakan program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Bate. Sebab, dengan adanya pembelajaran-pembelajaran itu, tentu akan mengena di hati publik.

"Kami sangat berterimakasih kepada satuan Menwa 804 UNESA, bhakti ini sangat mendidik sekali," ungkap wanita yang juga lulusan DII UNESA itu.

Lanjutnya, Karya Bhakti semacam ini juga menjadi ajang silaturahmi anatara perguruan tinggi dengan masyarakat Bate, khususnya keluarga besar Madin. Harapannya semoga kelak anak didik Madin Al Isyroq makin semangat menuntut ilmu baik pengetahuan agama maupun ilmu umumnya. [rof/rom]