Nomor Antre Dibatasi, Ratusan Warga Kecewa

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Ratusan warga beberapa hari belakangan ini berjubel mengantre guna mendapat pelayanan pengurusan data diri di kantor pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

Salah seorang warga, Ujang (23) yang hendak mengurus data diri berupa Kartu Keluarga juga memilih datang lebih awal sebab sebelumnya ia tidak kebagian nomor dan terpaksa pulang tanpa ada hasil.

"Karena setiap hari dibatasi 400 nomor antrean, kalau mau dapat nomor harus datang lebih awal," kata Ujang kepada blokTuban.com, Kamis (15/9/2016).

Sementara itu, warga lainnya ditemui blokTuban.com di lokasi, Umam (17) mengaku sengaja datang lebih awal untuk mengurus Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau E-KTP. Sebab, dua kali sebelumnya ia tidak mendapat nomor antrean.

"Tadi pukul 08.00 WIB sudah di sini (Didukcapil, red) dan mendapat nomor antrean 107," kata laki-laki asal Kecamatan Rengel tersebut.

Ia mengaku sejauh ini proses melengkapi berkas dan perekaman diri dilakukan di kecamatan. Tapi, penyerahan berkas dan proses selanjutnya di lakukan di dinas terkait.

Dari pantauan blokTuban di lokasi, halaman depan dan samping hingga belakang menjadi area parkir. Sebab dipenuhi kendaraan warga yang hendak mengurus data diri. Sedangkan di dalam ruang pelayanan tidak jauh berbeda, bahkan teras beberapa bangunan dipenuhi warga.[dwi/ito]