MTs TBB Jetak Sembelih Kurban di Hari Ketiga

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tarbiyatul Banin-Banat atau sering di sapa MTs TBB, Desa Jetak, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban melaksanakan kurban dihari ketiga Idul Adha, Rabu (14/9/2016).

Pelaksanaan penyembelihan yang berlangsung di pelataran halaman madrasah itu sengaja dilangsungkan pada hari ketiga lantaran halaman madrasah dan masjid Desa Jetak menjadi satu. Sehingga penyembelihan hewan kurban madrasah ini tidak memungkinkan apabila disembelih bersamaan dengan kurban di masjid.

Waka Kesiswaan MTs Tarbiyatul Banin-Banat, Warsito mengatakan, penyembelihan hewan kurban di madrasah ini dilaksanakan setiap tahun dan pelaksanaannya antara hari kedua maupun ketiga hari raya.

"Saat ini pelaksanaan penyembelihan pada hari ketiga dan masih hari tasrek, karena kemarin pelaksanaan penyembelihan hewan kurban masjid juga di sini," ungkapnya kepada blokTuban.com.

Lanjut Warsito, disamping itu, koordinator penyembelihan di madrasah terdiri dari pengurus Komisariat IPNU-IPPNU dan Dewan Kerja Galang (IKG) madrasah Tarbiyatul Banin-Banat kemarin juga termasuk panitia penyembelihan hewan di masjid, sehingga pelaksanaan kurban madrasah dilangsungkan pada hari ini agar tidak berbenturan.

Menurut Warsito, kurban yang dilangsungkan oleh madrasah ini bertujuan agar ada komitmen dan antusias dari siswa-siswi untuk berbagi, dan diharapkan di tahun yang akan datang jumlah hewan kurban swadaya dari siswa-siswi dan uang kas sekolah bertambah, karena untuk tahun ini dan tahun lalu jumlah hewan masih sama yakni lima kambing.

"Dari lima kambing yang dikurbankan ini rencananya akan dibagikan kepada sekitar 200 siswa, untuk tahun-tahun yang akan datang diharapkan daging bisa diberikan hingga warga sekitar madrasah," tambah Wasito. [hud/mu]