Pedagang Pasar Baru Overload, Pemkab Rencanakan Revitalisasi

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pasar Baru Tuban yang berada di Jalan Gajah Mada overload, pasalnya lokasi pasar yang memiliki luas sekitar tiga hektare itu tidak cukup menampung pedagang sejuah ini.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com menyebutkan pada awal 2016 lalu jumlah pedagang mencapai sekitar 2.400 orang, hingga saat ini, jumlah meningkat mencapai kurang lebih 2.500 pedagang.

"Padahal kapasitas pedagang seharusnya 1.978," kata Kepala Bidang Perdagangan, Bhismo S Adhji, Selasa (13/9/2016).

Pasar Baru Tuban, menurut Bhismo sejauh ini menjadi pusat perputaran perekonomian rakyat. Terbukti meski muncul beberapa pasar baik tradisional maupun modern di sekitarnya, Pasar Baru masih menjadi tempat mayoritas masyarakat berjual-beli.

Saat dikonfirmasi, Koordinator Pasar Baru Tuban, Sukadi membenarkan saat ini jumlah pedagang melampaui kapasitas semestinya. Pedagang tiap tahunnya kian meningkat.

Jumlah pedagang sebagian besar telah memiliki kios dan sebagian merupakan pedagang lesehan. Sementara itu pedagang lesehan jumlahnya tidak dapat dipastikan, sebab pedagang lesehan naik turun tergantung musim.

"Pedagang lesehan jumlahnya sekitar 500, sementara yang memiliki kios sekitar 2.000 pedagang," kata Sukadi menambahkan. [dwi/col]