Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Juru sembelih di Rumah potong hewan (RPH) Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban disibukan dengan kegiatan pemotongan hewan kurban, Senin (12/9/2016). Namun, tak seperti biasanya, lima ekor sapi milik warga meminta disembelih di desa masing-masing.

Staf di RPH Jatirogo, Miftakhul Huda mengatakan, lima ekor sapi yang akan dipotong tersebut merupakan milik warga dari berbagai desa di Kecamatan Jatirogo. Bahkan tiga di antaranya terdapat di satu desa.

"Ada tiga desa yang minta saya datangi, diantaranya Desa Pasehan ada satu ekor, Desa Sugihan juga satu ekor, dan yang tiga di Desa Kebonharjo," jelas Huda kepada blokTuban.com, Senin (12/9/2016).

Mereka sengaja minta sapinya disembelih tidak di RPH, lantaran ingin menyaksikan proses penyembelihan hingga pemotongan dagingnya. Jadi mereka tinggal membagikan ke warga desa.

Lebih lanjut, Huda menjelaskan untuk satu ekor sapi ia butuh bantuan dua orang yang profesional. Menurutnya, tidak butuh lama untuk menyelesaikan proses pemotongan hewan kurban. Sekitar butuh satu jam sapi sudah siap dibagi.

"Kalau pemotongan itu dilakukan orang yang sudah profesional pasti cepat dan lebih teratur," jelas Huda.

Huda mengaku, petugas pemotong hewan yang ada di RPH merupakan petugas dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tuban. Mereka juga sudah terbiasa dan merupakan petugas yang sudah profesional dalam memotong hewan.

"Sehari lima sapi kita selesaikan sejak habis shalat Idul Adha hingga pukul 10.00 WIB," tutup Huda.[rof/ito]