Tanggap Darurat Bencana BPBD Sosialisasikan Destana

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Menurut catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Kecamatan Senori, merupakan wilayah multi bencana perlu segera ditangani bersama. Secara gografis Kecamatan senori memiliki kerawanan bencana baik bencana alam, non alam maupun sosial.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (Kabid KL) BPBD Kabupaten Tuban, Saefiyudin menuturkan, untuk mengurangi korban bencana di wilayah Tuban selatan, khususnya Senori perlu ada sebuah pemahaman dan sodialisasi Desa Tangguh Bencana (Destana).

Menurut pria yang akrab disapa Asep itu, secara mandiri desa harus mampu untuk beradaptasi dan menghadapi potensi bencana. Selain itu, masyarakat juga harus mampu memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana yang merugikan.

"Masyarakat harus tangguh dalam menghadapi bencana secara terarah, terencana, terpadu dan terkoordinasi," jelas Asep kepada blokTuban.com, Rabu (7/9/2016).

Lebih lanjut, ia mengatakan sosialisasi Destana yang digelar di Desa Rayung, Senori itu bertujuan mendorong sinergi masyarakat untuk saling melengkapi seluruh program yang sudah ada di desa.

"Harapannya setelah adanya sosialisasi Destana, masyarakat lebih siap siaga dengan membentuk Forum Masyarakat Peduli Pengurangan Resiko Bencana Desa (Forum PRB Desa)," pungkasnya.

Terpisah Pj Kepala Desa Rayung, Mastar membenarkan, secara geografis Desa Rayung dan sekitarnya saat ini mulai diancam oleh beberapa bencan alam seperti kekeringan, banjir bandang, dan angin kencang. Di samping itu Senori juga mulai tumbuh industri-industri besar yang tidak menutup kemungkinan mengalami gagal teknologi.

"Maka sangat pas, untuk segera di bentuk forum PRB desa," kata PNS yang juga menjabat Kasi Pmd Kecamatan Senori itu.

Lanjut Mastar, pihaknya bersama stakeholder Desa Rayung beserta masyarakat akan dalam waktu dekat akan segera menyusun kepengurusan.[rof/col]