Bulan Agustus, Berkah Bagi Pedagang Keliling

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bulan Agustus menjadi berkah tersendiri bagi puluhan pedagang keliling, mulai dari pedagang mainan anak-anak, pedagang es, pedagang bakso dan berbagai pedagang lainnya.

Pedagang keliling yang berada di Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban misalnya, dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan Pemerintah Kecamatan untuk menyambut Hari Ulang Tahun
(HUT) Republik Indonesia (RI) para pedagang keliling bisa meraup hasil hingga dua kali lipat dari hari-hari biasa.

Salah satu pedagang burung warna keliling, Pulki, mengaku sudah sekitar lima hari ia berdagang di Lapangan Desa Sambonggede, dimana kegiatan penyambutan HUT RI Kecamatan Merakurak dipusatkan di tempat tersebut. Sejak lima hari kemarin, telah diselenggarakan beberapa kegiatan, mulai karnaval, gerak jalan hingga beberapa lomba.

"Lima hari ini saya berdagang di lapangan, dan hasil yang saya peroleh dan teman-teman peroleh mengalami peningkatan dua kali lipat," ujar Pulki (35) kepada blokTuban.com, Kamis (12/8/2016).

Terpisah pedagang mainan anak-anak, Ahmad mengaku, pembeli dagangannya lumayan ramai sehingga diperkirakan penjualan mainan anak-anak ini akan dilakukan hingga kegiatan-kegiatan di Kecamatan Merakurak ini selesai.

"Biasanya sehari berkeliling kebeberapa sekolah hasilnya hanya Rp100.000 sampai Rp150.000, sekarang event agustusan ini mencapai Rp250.000," tambahnya sambil berjualan.[hud/col]