Pembeli Luar Daerah Serbu Pasar Hewan Jatirogo

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Pemburu hewan kurban luar daerah mulai serbu Pasar Hewan Jatirogo, Kabupaten Tuban sejak beberapa pekan terakhir. Terutama jenis buruannya sapi siap potong untuk keperluan Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriyyah.

Tampak transaksi jual beli ternak besar ini dilakukan beberapa pembeli dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Seperti yang dilakukan Amiruddin (35) pedagang asal Madura, dia sengaja datang ke pasar yang berada di Desa Sugihan, Jatirogo untuk membeli sapi pedaging dengan beberapa rekannya.

“Hari ini saya ambil 12 ekor untuk dikirim ke Kalimantan,” ujar Amiruddin kepada blokTuban.com, Jumat (12/8/2016).

Imbuh Amiruddin, sudah dua minggu ini ia datang ke Jatirogo dengan membawa kendaraan truk. Ia selalu berpindah-pindah demi mendapatkan sapi buruannya. Sapi yang ia beli dari pasar hewan ini nantinya masih dipelihara lagi sebelum dijual ke tangan pembeli.

“Sapi yang kita beli ini tadi sekitar umur 1 tahun dengan harga yang bervariasi mulai Rp12 sampai Rp15 Jutaan,” imbuhnya.

Ungkapan senada juga dilontarkan Rusdi (25) seorang pembeli asal Kendal, Jawa Tengah. Menurutnya, ia sengaja datang ke Jatirogo guna mendapatkan harga yang murah untuk dijual kepada pembeli untuk perlengkapan Hari Raya Kurban.

“Tadi saya beli beberapa sapi siap potong untuk dijual lagi di wilayah Jawa Tengah,” tutur Rusdi saat ditemui di area parkir kendaraannya.[rof/col]