Empat Tahun Menanti, TGE Baru Bisa Beroperasi

Reporter: Muhamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Lama dinanti, pengoperasian eksplorasi minyak di Sumur Gegunung Belanda di Desa Gegunung, Mulyoagung, Singgahan, Tuban akhirnya bisa dikerjakan. Pasalnya sejak empat tahun terakhir setelah teken kontrak, PT Tawun Gegunung Energi (PT TGE) KSO pertamina tanpa aktivitas eksplor.

Hal itu disampaikan Field Manager PT TGE, Ervino kepada blokTuban.com, Rabu (10/8/2016). Menurut penjelasannya, PT TGE memulai kontrak sejak tahun 2012. Namun kenyataannya ditahun 2016 baru bisa masuk lokasi sumur peninggalan kolonial ini.

“Kontrak TGE di Sumur Gegunung Belanda selama 15 tahun dan akan berakhir tahun 2027,” terang Ervino saat ditemui di kantornya, Desa Ngrojo, Bangilan, Tuban.

Pihaknya juga menambahkan, dalam pengerjaanya nanti tidak luput dari penyerapan tenaga lokal. Namun mekanisme kerjanya perlu ditentukan dengan pihak desa. Menurut Ervino, bagaimana pun kerjanya nantinya PT TGE akan prioritaskan warga ring satu.

“Kita akan berkoordinasi dengan pemerintah desa untuk perekrutan tenaga kerja (Naker),” tandas pria yang akrab disapa Vino itu.

Data yang dihimpun blokTuban.com di lapangan Sumur Gegunung Belanda yang ada di wilayah Singgahan, tampak beberapa alat tes minyak milik PT TGE. Tepatnya pada titik sumur 20 di area sumur tua tersebut. [rof/col]