CJH Kerek dan Montong, Ikuti Manasik Haji Pertama

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Calon Jemaah Haji (CJH) Kecamatan Montong dan Kerek mengikuti manasik haji pertama, yang diselenggarakan di Kantor Urusan Agama (KUA) Montong, Kabupaten Tuban.

Manasik haji gabungan dari dua kecamatan ini pertama kalinya digelar, dan akan digelar lagi besok dan seterusnya. Kepala KUA Montong Muhammad Qosim kepada blokTuban.com mengatakan, pada manasik pertama ini, CJH diberi beberapa pembekalan mulai dari materi haji dan kesehatan CJH.

"Manasik haji pertama gabungan dari dua kecamatan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada CJH agar bisa melakukan ibadah haji secara mandiri," ungkap Kepala KUA Montong, Kamis (28/7/2016).

Menurutnya, manasik sudah ditentukan dari Kementrian Agama (Kemenag) Tuban dan akan diselenggarakan hingga enam kali dan akan diisi beberapa materi dan praktek saat menunaikan ibadah haji.

Diharapkan, dengan manasik haji, CJH bisa melakukan ibadah haji dengan mandiri dan hajinya menjadi mabrur. "Dengan manasik atau pembinaan haji pertama, saya berharap CJH bisa melakukan ibadah haji secara mandiri dan hajinya bisa sempurna," tambah Qosim.

Diketahui, CJH dari Kecamatan Kerek yang mengikuti manasik haji sebanyak 28 orang dan dari Kecamatan Montong CJH sebanyak 36 orang. [hud/mu]