Selamatkan Ibu Hamil, Puskesmas Bangilan Galakkan ANC

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Menekan angka kematian ibu melahirkan dan bayinya, Puskesmas Bangilan tingkatkan kualitas kegiatan Antenatal Care (ANC) ibu hamil. ANC adalah salah satu bentuk kegiatan dimana ibu hamil secara teratur memeriksakan kehamilannya kepada petugas kesehatan atau bidan.

Pelaksana Tugas (Plt) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Bangilan, drg. Risa Wahyuningsih menaungkapkan, dalam mengelola ibu hamil diperlukan komitmen bersama, tidak sekedar mau tapi sungguh-sungguh untuk melaksanakannya. Tentu bukan hanya ibu hamil, suami, petugas, masyarakat, pemerintah daerah maupun pemerintah pusat harus bersinergi.

“Tujuan dari kegiatan ini sangat komplek. Agar ibu hamil tersebut selama kehamilan tetap terpantau, terjaga, diawasi. Dan terpenting ibu hamil harus dihantarkan sampai pada tahap persalinan,” jelas Risa kepada blokTuban.com, Kamis (28/7/22016).

Lanjut dokter gigi ini, untuk menambah kualitas kegiatan ANC tersebut perlu dilakukan keterpaduan kegiatan tidak hanya sempit pada pemeriksaan kehamilan saja, tapi juga kegiatan-kegiatan lain. Tentu yang punya andil dalam mendukung proses hamil menjadi lebih baik. Sehingga bayi yang di lahirkan tumbuh sehat dan berkembang dengan baik.

“Pada dasarnya puskesmas Bangilan dalam pelaksanaan pelayanan ANC-Terpadu, ingin berbagi. Sesungguhnya dalam memberi pelayanan ibu hamil agar selama kehamilannya itu tetap sehat, aman dan selamat dalam melahirkan,” pungkasnya. [fiq/ito]