Belajar Koperasi, Puluhan Petani Berangkat ke Yogyakarta

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Operator Minyak dan Gas Bumi (Migas) Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) memberangkatkan puluhan petani asal Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro ke Yogyakarta. Para petani belajar tentang pengelolaan koperasi yang bisa menunjang pemasaran dan modal.

Informasi yang diberikan kepada blokTuban.com, sebanyak 45 petani melakukan studi banding ke Yogyakarta sejak tiga hari lali. Rombongan belajar dan berbagi pengalaman dengan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Merapi Mulia, yang ada di Desa Turi, Kecamatan Sleman, Yogyakarta. Koperasi ini pernah juara 1 lomba koperasi tingkat nasional dengan kategori ketahanan pangan.

Selain itu, rombongan juga mengunjungi Koperasi Serba Usaha (KSU) Warga Mulia, Pakem, Sleman yang telah berhasil menjadi pemasok tetap bagi perusahaan Susu SGM.

"Kita belajar mengenai bagaimana koperasi petani di sini (Yogyakarta) bisa mengembangkan usaha keuangan hingga Rp8 Milyar lebih," jelas Ikhwan Syafaat dari perwakilan Yayasan Bina Swadaya, pendamping  petani, Kamis (27/7/2016).

Salah satu peserta, Edi Prayitno, asal Desa Glodok, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, mengaku kalau di desa asal dia, pengurus dan anggota juga sudah mempunyai modal semangat memajukan koperasi. "Optimis pertanian dan perdagangan di desa bisa berhasil memajukan para petani," jelas Edi.

Diketahui, 45 petani yang berangkat berasal dari pengurus koperasi dari salah satu program EMCL. Yakni berasal dari Koperasi Produsen Agribisnis (KPA) Bojonegoro, Koperasi Simpan Pinjam Bojonegoro, dan Koperasi Serba Usaha Tuban. [pur/ito]