Pengkoleksi Sepeda Tua? ini Tips Merawatnya

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Hobby mengoleksi sepeda tua berarti berarti berhubungan dengan piranti yang berusia puluhan tahun. Untuk itu, memerlukan perawatan khusus supaya sepeda tua dapat bertahan hingga nanti.

Salah seorang anggota Paguyuban Sepeda Tua Rengel atau disingkat Pastugel, Imam Mukhlas mengatakan besi sepeda tua perlu diberi pelumas atau minyak. Pemberian minyak ini bertujuan agar kerangka sepeda tidak mudah karatan.

"Biasanya kita tumbukkan kemiri, kemudian ditaruh dalam kain kemudian dioleskan pada rangka sepeda," katanya pada blokTuban.com.

Perawatan semacam itu terbukti mampu mempertahankan besi kerangka dari sepeda tua mampu bertahan melewati beberapa jaman. Bahkan, terjamin pula orisinalitas sparepart sepeda. Selain itu, pada lampu depan sepeda supaya dapat berfungsi terus menerus juga harus diperhatikan perawatannya.

"Lampu dapat dilepas dan digantung pada saat sepeda disimpan," kata anggota Pastugel lainnya, M Fahrurozi.

Hal demikian pula yang diterapkan pada sebagian besar anggota Pastugel. Sebab itu, hingga kini koleksi sepeda yang dimiliki Pastugel sebagian besar masih awet, layak pakai dan memiliki keaslian sparepart.[dwi/ito]