Sebanyak 676 Unit Perahu Milik Nelayan Bulu

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Sebanyak 676 unit perahu milik nelayan Bulu tampak dipersandaran pelabuhan atau dermaga, juga ada yang di luar pelabuhan. Tepatnya berada di Desa Bulumeduro, Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban.

Menurut Staff Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Perikanan dan Kelautan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Bulu Sudarwito, jika data tersebut merupakan data yang dihimpun pihaknya hingga tahun 2016. Data tersebut merupakan data lama yang telah diperbarui begitu masuk tahun 2016.

Dengan data diatas maka disimpulkan dengan rinciannya adalah sebagai berikut, Porse sein sebanyak 123, Payang Gardan 59, Teri Dogol 390, Bubu Rajungan 47 dan terakhir Bernet Jaring Beting sebanyak 57 unit.

"Total keseluruhan sebanyak 676 unit perahu yang terdata  di kami," Jelas Wito kepada blokTuban.com

Sementara itu, Kepala Desa Bulumeduro Rozana Aliyah Hayati, tidak menampik jika data perahu nelayan sebanyak 676. Sebab, hampir sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai nelayan.

Eli sapaaan akrabnya menambahkan, memang sejak dulu masyarakat di perkampungan Bulu menggantungkan hidupnya sebagai nelayan secara turun temurun, maka tak heran jumlah perahu mencapai 676 unit.

"Wajar saja itu menurut saya, hal itu bisa dilihat dari banyaknya perahu yang bersandar di dermaga, selain itu diluar pelabuhan juga masih ada perahu yang menepi," pungkas Kades.[nok/ito]