Juli, 74 Pasang Pengantin di Kecamatan Kerek Menikah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Mulai (1/7/2016) hingga Jumat (22/7/16) sebanyak 74 pasangan pengantin yang terdaftar di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban melangsungkan pernikahan.

Dari keterangan salah satu penghulu Muktar Lukfi, angka tersebut tergolong angka yang tinggi. Hal itu dipengaruhi budaya Jawa yang mempercayai bahwa bulan Syawal yang juga bertepatan bulan Juli merupakan bulan penuh berkah.

Tak pelak para calon pengantin pun banyak yang melakukan pernikahan di bulan tersebut. Mereka pada umumnya menyelenggarakan pernikahan di rumah mempelai masing-masing dan sebagian di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kerek.

"Tahun ini, penyelenggaraan pernikahan ada yang dilakukan dirumah, dan ada juga yang dilakukan di KUA dengan gratis," ungkap Muktar Lukfi kepada blokTuban.com.

Sedangkan, Muktar menambahkan, para pengantin rata-rata berumur antara 20 ke atas untuk pasangan laki-laki dan 20 ke atas pasangan perempuan. "Kalau diambil rata-rata umur pasangan pengantin 20 tahun ke atas," tambah Muktar.

Hingga saat ini kemungkinan jumlah pernikahan terbanyak masih didominasiDesa Gemulung. Hal itu dikarenakan selain wilayahnya luas, desa tersebut juga mempunyai beberapa dusun dan diperkirakan jumlah pernikahan akan terus meningkat.[hud/col]