Berikut Ciri Tanaman yang Bisa Dijadikan Bonsai

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Seni mengkerdilkan tanaman atau bonsai dapat diterapkan pada berapa tanaman. Namun, ada beberapa ciri tertentu agar tanaman dapat dibonsai.

Salah seorang penggali bonsai asal Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Subek Gandiyono mengatakan, tanaman yang akan dibuat bonsai kerap disebut bakalan bonsai. Untuk mendapatkan bakalan bonsai, tanaman tersebut perlu memenuhi beberapa kriteria.

Beberapa kriteria bakalan bonsai yakni tanaman dikotil atau berkeping dua yang merupakan pohon keras seperti bambu. Tanaman berusia panjang, sebab untuk membentuk satu tanaman bonsai dibutuhkan waktu bertahun-tahun hingga tidak jarang berusia puluhan hingga ratusan tahun.

Selain itu, tanaman tersebut haruslah mampu melewati proses pembentukan, seperti halnya dililiti kawat alumunium dan hidup di ruang sempit dalam pot. Tidak kalah penting bakalan bonsai mesti memiliki daya tarik atau keindahan entah di bagian daun, batang, bunga, akar atau pun buahnya.

"Sejauh ini saya belajar mengenai teknik bonsai secara otodidak dari membaca buku yang berisi informasi terkait bonsai dan pengalaman terjun di lapangan menggali bonsai di hutan," kata Yono begitu ia disapa kepada blokTuban.com. [dwi/col]