Bisnis Stiker, Prospek Usaha Menjanjikan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Ada kegiatan menarik di sepanjang Jalan Raya Bangilan, beberapa anak muda tampak memasang stiker pada motor dan mobil pelanggannya.

Pemilik toko stiker di depan Pasar Bangilan yang buka setiap pukul 08.30 sampai pukul 16.30 WIB, selalu ramai dikunjungi konsumen yang ingin mempercantik kendaraannya.

Menurut Adib Riyanto (25) asal Bangilan, Tuban, bisnis jualan stiker dimulainya pada tahun 2011. Saat itu dia bekerja ikut orang di Surabaya. Dari pengalaman yang dimiliki, akhirnya dia memberanikan diri membuka usaha stiker di Bangilan pada tahun 2013.

Menurut beberapa konsumen yang memasang stiker di tempat Adib, mereka sengaja datang untuk menyalurkan hobi demi mempercantik kendaraannya.

"Sengaja pasang stiker guna menghias dan melengkapi penampilan mobil saya. Soalnya baru ganti bodi, biar tambah sempurna," Ujar Pardi (49), kepada blokTuban.com (27/6/2016).

Adib memang mengutamakan kepuasan pelanggannya, keuntungan dari usaha bisnis jualan stiker cukup lumayan. Tak ayal hal itu membuat usaha jualan stikernya semakin tumbuh subur . Sehari menurut Adib tak kurang dari Rp250.000 dia bawa pulang.

"Biasanya kalau mendekati Lebaran seperti ini bisa tembus sampai Rp400.000 perhari, tapi tahun ini menurun. Mungkin sedang berbarengan tahun ajaran baru, jadi anak-anak muda berkurang yang datang untuk pasang stiker," kata pria yang memiliki cita-cita sebagai guru tersebut.

Usaha kecil seperti yang di lakukan Adib bisa dicoba sebagai alternatif usaha bagi blokers (pembaca setia blokTuban.com) yang saat ini membutuhkan pekerjaan sampingan. [rof/col]