Luapan Kali Kening Banjiri Jalan Desa

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Akses jalan lingkungan di Dusun Karanganyar, Desa Sugihan, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, tampak menjadi sungai dadakan. Setelah hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Tuban bagian selatan dan barat sekitar lima jam, Sabtu (18/6/2016).

Pantauan blokTuban.com, akses jalan di lingkungan tersebut menjadi lintasan air setinggi 60 centimeter. Terlihat air juga masuk ke halaman rumah, termasuk menggenangi halaman gereja yang ada di lingkungan tersebut.

Warga harus berhati-hati melintas di jalan ini. Karena di beberapa titik, aliran air terlihat cukup deras.

Banjir di lingkungan ini, selain karena intensitas curah hujan yang tinggi, juga berasal dari luapan Kali Kening, yang melintas di sejumlah desa di Kecamatan Jatirogo.

"Hujannya sangat deras, air ini sepertinya berasal dari Desa Wangi (Jatirogo) yang ada di sisi barat, kemudian ketika sampai di Desa Wotsogo air meluap," kata salah satu warga, Endy (27), kepada blokTuban.com.

Selain itu, tinggi permukaan Dusun Karanganyar memang lebih rendah dibandingkan dengan dusun lain. Juga berada dekat dengan Kali Kening yang bermuara di Bengawan Solo. Debit air di Kali Kening juga cukup tinggi malam ini. [pur/rom]