Kasus Kematian Ibu Dominan Terjadi di Tiga Kecamatan Berikut

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Kasus kematian ibu menjadi di Kabupaten Tuban dominan terjadi di tiga dari dua puluh kecamatan. Angka Kematian Ibu (AKI) tercatat kerap terjadi di Kecamatan Palang, Widang dan Jenu.

Data yang dihimpun blokTuban.com menyebut, pada 2015 lalu kasus kematian ibu di tiga kecamatan tersebut rata-rata sama. Kasus kematian ibu bersalin yang terjadi di Kecamatan Widang sebanyak tiga, begitu pula di Kecamatan Jenu dan Palang.

"Sebagian besar kematian ibu bersalin terjadi di luar wilayah koordinasi Dinas Kesehatan Tuban. Sebab sebagian besar ibu melahirkan di Rumah Sakit di luar Tuban," kata Kepala Seksi (Kasi) Dinkes, Muselah pada blokTuban.com.

Sebab itu, lanjut Muselah kurangnya koordinasi penanganan terdekat tidak optimal. Pelayanan medis dalam lingkup Kabupaten Tuban tidak bisa melakukan apa-apa bila penanganan dilakukan di luar wilayad administratif.

"Kendati meninggal di luar Tuban, apabila terjadi kasus ibu bersalin instansi medis yang terkait di Tuban harus tetap bertanggung jawab akan Angka Kematian Ibu (AKI).[dwi/ito]