TNI Kawal Subsidi Pupuk Hingga Distribusi Beras

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Pemerintahan Jokowi-JK sedang giat-giatnya menciptakan program swa sembada pangan untuk kebutuhan nasional. Untuk mencapai kebutuhan tersebut, pemerintah menggandeng Tentara Nasional Idonesia (TNI) sebagai mitra untuk mensukseskan swa sembada pangan ketahanan nasional.

Seperti yang disampaikan Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0811 Tuban, Mayor Inf Suko Edi Winarto, TNI mendukung upaya program pemerintah dalam menciptakan swa sembada pangan, dalam hal ini tugas TNI adalah pengawalan pupuk agar tepat sasaran dan juga mengawal distribusi beras hingga ke Bulog. TNI juga memberikan pemahaman bagi Petani dan juga kelompok tani (Poktan) agar bersedia untuk mejual hasil panennya kepada bulog.

"Kita sudah lakukan itu, dan petani dengan senang hati menjual panen berasnya kepada Bulog," Kata Suko usai melakukan Rakor dan evaluasi Swa sembada pangan, Selasa, (24/5/2016).

Lanjut Suko menambahkan, dalam menjalankan tugasnya untuk memberi pemahaman kepada petani agar mau menjual beras ke bulog, kordinasi langsung ditangani oleh Danramil dimasing-masing kecamatan. Jadi, setiap Danramil mempunyai wewenang disetiap wilayahnya dalam rangka mensukseskan swa sembada pangan.

"Yang jelas TNI tetap akan mengawal program pemerintah agar kebutuhan pangan nasional tercukupi," pungkasnya.

Dalam kegiatan Rakor dan Evaluasi Swa sembada pangan tersebut, dihadiri oleh Sub Divre Bulog Bojonegoro, Dinas Pertanian, dan juga seluruh Kauptd Pertanian Kabupaten Tuban.[nok/ito]