Harkitnas, Kuatkan Jiwa Nasionalisme

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tuban, Aguk Waluyo Raharjo, menyatakan dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional (harkitnas) ke 108 haruslah menjadi sarana instropeksi diri bagi masyarakat indonesia, khususnya pemuda.

Sebab, di era-modernisasi ini pertentangan zaman hingga ideologi semakin terasa. "Harkitnas haruslah mampu menjadikan bangsa indonesia untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme," ujar Aguk kepada blokTuban.com, Jumat (20/5/2016).

Menurutnya, menumbuhkan jiwa nasionalisme sangatlah penting jika melihat perkembangan bangsa sekarang, karena banyak sekali para pemuda yang kurang menghayati hakikat dari harkitnas, sejarah dan perjuangan bangsa.

"Kemajemukan bangsa harus tetap dijaga, kerukunan umat beragama harus terpelihara, karena kita adalah bangsa yang ber bhineka tunggal ika," jelas Aguk.

Seperti yang diketahui bersama, bahwa belakangan ini ajaran-ajaran radikal untuk memecah belah bangsa semakin marak, aksi bom bunuh diri hingga aliran yang ingin mengubah ideologi bangsa indonesia juga terjadi. [nok/rom]