Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Aksi massa yang dilakukan warga Desa Sembung, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban, terhadap seorang pria yang dicurigai mencuri pada Kamis (20//5/2016), tampaknya cukup beralasan.

Penyelidikan petugas kepolisian, pria yang di massa warga memang berniat mencuri. Sebelum kejadian itu, warga Desa Sembung, juga diresahkan dengan hilangnya beberapa barang berharga milik warga.

"Memang, ada beberapa barang berharga milik warga yang hilang ketika ditinggal di rumah," jelas Kepala Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tuban, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Suharta kepada blokTuban.com, Jumat (20/5/2016).

Informasi sementara, khusus di Desa Sembung, pelaku telah melakukan pencurian di lima Tempat Kejadian Perkara (TKP). Pencurian ia lakukan sebelum terpergok warga dan di massa ramai-ramai. Bahkan, sepeda motor beat warna putih yang dikendarai juga hangus karena dibakar massa yang marah.

"Dia memang sering keluar masuk rumah warga yang kosong, kalau untuk pencurian di Desa Sembung sudah ada lima TKP yang dilakukan pelaku," kata Suharta.

Hanya saja, petugas belum membeber jenis barang milik warga yang hilang. Petugas masih memeriksa pelaku yang sekarang berada di Polres Tuban. Disamping untuk mengetahui apakah pencurian tersebut juga dilakukan di desa-desa lain.

Sebelumnya, seorang pria yang diketahui bernama Sutardi (45), warga Desa Jadi, Kecamatan Sumber, Kabupaten Rembang, babak belur di hajar massa. Motor putih miliknya juga dibakar massa yang marah. Meski petugas kepolisian dan TNI yang ada di di lokasi sempat kwalahan menenangkan massa, tetapi pelaku berhasil dievakuasi dan diamankan di Polres Tuban. [pur/rom]