Soekarwo: Gotong Royong Adalah Identitas Bangsa Indonesia

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo menghadiri acara Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan Hari Kesatuan Gerak Pembinaan Kesejahtaraan Keluarga (HKG PKK) ke 44 tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2016 yang diselenggarakan di Pendopo Kridho Manunggal Kabupaten Tuban (Rabu, 11/5/2016).

Usai melakukan rangkaian acara tersebut, Gubernur yang akrab disapa Pak De itu menyempatkan untuk wawancara kepada para awak media yang sudah menanti.

Pak De mengatakan, bahwa Gotong Royong adalah merupakan konsep dari kerukunan bangsa indonesia, sebab bangsa ini adalah bangsa yang sangat besar dan sifat seperti itu harus tetap dijaga oleh masyarakat indonesia saat ini.

"Gotong royong adalah identitas bangsa Indonesia, jadi ini adalah milik kita," ujar Gubernur Alumnus FH Unair tersebut.

Selanjutnya, pria yang menjabat Gubernur dua periode itu menambahkan, bahwa dalam acara ini tentu saja harapan untuk memberikan stimulus gotong Royong kepada masyarakat sangat diperlukan, agar nilai-nilai kultural bangsa Indonesia tersebut tidak punah diera modernisasi ataupun globalisasi yang terjadi saat ini.

"Masyarakat harus bangga dengan apa yang dimiliki oleh bangsa ini, kalau bukan kita yang menjaga nilai-nilai gotong royong mau siapa lagi," pungkasnya.

Diketahui, dalam acara tersebut dihadiri oleh Bupati dan Walikota Se Jawa Timur, selain itu, Pak De juga turut didampingi Pangdam V Brawijaya Mayjend Sumardi, beserta rombongan dari Pemprov Jatim.[nok/ito]