Pembibitan, Warga Ngarum Mulai Jemur Cabai

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pemandangan unik yang berada di rumah maupun pelataran warga  Desa Ngarum, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, Selasa (10/5/2016). Ketika melintas, tampak di atap maupun pelataran rumah dipakai untuk menjemur cabai.

Salah satu warga desa setempat Riaman (50) mengatakan, cabai yang di jemur diatas atap rumah warga tersebut merupakan cabai pilihan, yakni cabai yang merah/matang di pohon dengan ukuran cabai besar.

"Cabai yang dijemur tersebut merupakan bakal bibit yang akan ditanam tahun nanti, sehingga dipilih yang unggul," jelas Riaman kepada blokTuban.com.

Para warga yang kebanyakan bermata pencaharian petani ini, menanami ladangnya pada musim tanam kedua dengan tanaman cabai, dengan pembibitan sendiri.

Warga lain Yunah, mengaku kalau cabai-cabai yang dijemur ini merupakan bakal bibit, selain itu juga bisa dimanfaatkan waktu musim kemarau untuk dimasak.

"Ini nanti waktu musim kemarau juga bisa dibuat untuk memasak, karena cabai yang dijemur akan bertahan lama," ujar Yunah.[hud/col]