Bahaya Obat dan Makanan Dalam Kehidupan Masyarakat

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kegiatan bersama antara Balai Besar Pemeriksaan Obat dan Makanan (BPOM) Jawa Timur, dengan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Dapil IX Fraksi PDIP Abidin Fikri, dalam rangka Promosi Keamanan Pangan berlangsung di Hotel Mahkota Tuban, Selasa (10/5/2016), pukul 10.00 WIB.

Acara dibuka secara langsung oleh Kepala Balai Besar BPOM Jatim, I Gusti Ngurah Bagus Kusuma Dewa. Adapun jumlah peserta yang hadir dalam sosialisasi tersebut sekitar 200 orang dari berbagai elemen masyarakat.

Dalam sambutannya, Bagus sapaan akrabnya Kepala Balai Besar BPOM Jatim mengatakan, peserta diharapkan bisa mengikuti kegiatan yang sangat penting ini dengan baik. Sebab, kesehatan masyarakat cukup perlu diperhatikan, terlebih masyarakat sering melalaikan kebersihan makanan ataupun obat-obatan.

"Oleh karena itu, masyarakat harus lebih berhati-hati dalam memposisikan dirinya sebagai konsumen," ujar pria kelahiran Bali itu saat sambutan.

Selanjutnya, Bagus juga berharap, agar peserta yang hadir bisa lebih dekat dengan BPOM dengan cara menghubungi call centre HALO BPOM, ataupun membuka website BPOM di www.pom.go.id. Dengan begitu warga bisa update perkembangan BPOM.

"Nanti sosialisasi ini juga bisa disampaikan kepada tetangganya yang tidak bisa hadir, agar informasinya bisa membantu," jelas Bagus.

Sementara itu, Abidin Fikri menyampaikan, bahwa dirinya sebagai anggota komisi IX yang mempunyai tupoksi di bidang kesehatan, akan terus melakukan pola hubungan kerja yang baik, dalam hal ini adalah bekerja sama dengan BPOM, dalam rangka memberi pemahaman tentang bahaya makanan ataupun kosmetik.

"Banyak yang tidak diketahui oleh masyarakat, bahwa baik makanan atau kosmetik juga mengandung hal-hal yang membahayakan, oleh karenanya diperlukan sosialisasi," Pungkas Anggota dewan Dapil Bojonegoro-Tuban tersebut.

Diketahui, dalam acara itu turut dihadiri oleh beberapa SKPD diantaranya, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Satpol PP, serta turut hadir Pula Kasatreskoba Polres Tuban. [nok/rom]