Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Bagi mahasiswa perantau, penting mendapatkan informasi mengenai tanah kelahiran. Terlebih informasi itu berisi tentang arah pembangunan dan masa depan kota asal.

Pemikiran ini yang menjadikan sekumpulan mahasiswa dari Ikatan Mahasiswa Ronggolawe (IKMARO) di Universitas Trunojoyo Madura, mengadakan kegiatan kali pertama di Tuban. Mereka akan membuat Forum Group Discussion (FGD) dan membahas industrialisasi di Kabupaten Tuban.

"Meski kita belajar di tanah rantau, tapi tetap ingin mengetahui perkembangan Kabupaten Tuban ke depan," kata Ketua Umum Ikmaro, Ahmad Dedi Wijatmiko, kepada blokTuban.com, Jumat (6/5/2016).

FGD dengan tema menggagas era industrialisasi di Tuban ini akan dilaksanakan pada Sabtu (7/5/2016) besok, di Gedung Korpri Tuban. Dijadwalkan akan dihadiri beberapa tokoh seperti Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban, Miyadi, sebagai keynote speaker, kemudian Ketua Ronggolawe Press Solidarity (RPS), Khoirul Huda, Anggota Komisi B DPRD Tuban, Cancoko, dan juga Fauzin, yang tak lain adalah dosen di Universitas Trunojoyo.

Tujuan FGD, menurut Dedi, untuk mengetahui kemampuan dan potensi industrialisasi di Tuban. Dengan begitu, mahasiswa yang ada di tanah rantau akan lebih siap membangun Tuban ketika sudah selesai masa belajar. Peserta yang dijadwalkan FGD perdana diperkirakan mencapai 100 mahasiswa lebih. [pur/col]