Selain Jatirogo, Bancar dan Soko Rencana Dibangun RS

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Sering terjadinya Overload (ludakan pasien) pada RSUD Dr.R.Koesma Tuban membuat Pemkab harus mencarikan solusi agar tidak terjadi kejadian serupa. Bahkan, selain membuatkan Rumah Skit tipe D pada tahun 2017 mendatang, dua kecamatan juga diproyeksikan akan berdiri rumah sakit (RS).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban, Saiful Hadi mengatakan, bahwa selain Kecamatan Jatirogo yang akan berdiri RS, dua kecamatan rencananya juga akan dibangun RS, adalah Soko dan Bancar.

"Daerah tersebut adalah daerah pinggiran, maka dari itu dirasa perlu dibuatkan RS agar pasien tidak perlu jauh ke kota," terangnya kepada blokTuban.com

Pria lulusan FK Uniar Surabaya tersebut menjelaskan, dua kecamatan masih dalam tahap perencanaan belum diputuskan, beda dengan yang di Jatirogo sudah dipastikan. "Menunggu studi kelayakan dulu, apakah dipastikan layak atau tidak untuk dibangun Rumah Sakit," pungkasnya.

Diketahui, bahwa setiap Rumah Sakit (RS) sebelum mendapatkan akreditasi B, maka untuk pembangunan dari awal akan tetap mendapatkan akreditasi D, seperti yang terjadi di RSUD Dr.R. Koesma.[nok]