Genangan Air Faktor Tumbuhnya DB

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Demam Berdarah (DB) merupakan penyakit yang membahayakan bagi anak-anak, bahkan kemungkinan akibat dari gigitan nyamuk aides agepty adalah hilangnya nyawa penderita. Dalam hal ini Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban Saiful Hadi memberikan saran bagi masyarakat untuk mengantisipasi agar tidak terjadi penyakit DB.

Dia mengatakan, nyamuk aides agepty itu ada karena lingkungan yang kotor, seperti genangan air yang ada dilingkungan keluarga. Sebab jika airnya menggenang apalagi kotor maka akan ada jentik-jentik nyamuk.

"Dari jentik-jentik itulah bisa mendatangkan nyamuk aides agepty dan jika menggigit anak-anak maka bisa menyebabkan DB," terang pria lulusan FK Unair kepada blokTuban.com

Menurutnya, setiap keluarga harus memperhatikan kondisi lingkungan rumahnya, apabila ada kolam kecil atau kubangan lubang yang terdapat air keruh dan kotor maka lebih baik pelihara ikan yang bisa memakan jentik-jentik nyamuk. Selain itu, juga harus rajin menguras bak mandi.

"Jadi tetap menjaga kebersihan lingkungan agar tidak menjadi sarang nyamuk yang bisa mengakibatkan DB," pungkasnya.[nok/ito]