Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban berencana membidik program kesehatan untuk warga-warga yang ada di ring 1 PT Semen Indonesia, Tbk.

Kepala Dinkes Tuban, Syaiful Hadi, mengatakan pihaknya akan bekerjasama dengan perusahaan. Supaya bisa memberikan layanan kesehatan untuk masyarakat yang ada di sekitarnya. "Agar masyarakat sekitar pabrik bisa hidup dengan aman dan nyaman," kata Syaiful, Sabtu (15/4/2016).

Syaiful tidak menampik, kalau pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan perusahaan. Pasca mencuatnya kematian yang tinggi di Desa Karanglo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Diketahui, wara meninggal dunia dikarenakan beberapa sebab penyakit seperti hipertensi, stroke, dan juga gangguan pernafasan.

Untuk itu, diperlukan layanan kesehatan bagi masyarakat. Caranya, dengan memberikan pemahaman mengenai cara menjaga kesehatan, layanan Posyandu, sampai dengan kebersihan lingkungan.

"Sampai sekarang kita masih proses komunikasi dengan perusahaan untuk mewujudkan itu," kata Syaiful.

Kabiro Humas dan CSR PT Semen IndonesiaN Wahyu Darmawan, mengatakan kalau selama ini pabrik juga sudah meluncurkan program kesehatan untuk warga sekitar. Bahkan, sudah dimulai sejak tahun 2010 lalu.

"Sudah dilakukan sejak 2010 di Puskesmas-Puskesmas, dan akan terus dilanjutkan ke desa-desa ring 1," kata Wahyu. [pur/ito]