Gadang Wisata Agro Kampung Belimbing

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) menggadang pembentukan wisata agro kampung belimbing. Di mana sejauh ini, Tuban mahsyur penghasil komoditas pertanian, Belimbing Tasikmadu.

Berlokasi di Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang. Sejumlah petani di Kabupaten Tuban mampu membudidayakan buah belimbing madu. Memiliki rasa manis dan harum membuat belimbing khas Tuban tersebut banyak diburu masyarakat.

Akan tetapi sejauh ini, tanaman belimbing tidak dapat diandalkan untuk berbuah sepanjang waktu. Meski, maksimal Belimbing Madu bisa panen sebanyak tujuh hingga delapan kali dalam setahun.

"Kami akan menggali dan mengembangkan kampung belimbing. Memang belimbing panen tidak setiap hari. Untuk mengisi kekosongan kita akan bentuk makanan olahan dari belimbing, misalnya kita buat sirup belimbing," kata Kepala Disperpar, Farid Achmadi.

Kedepan, lanjut Farid, pihaknya akan mengembangkan potensi yang ada. Untuk menjadi satu rangkaian atau satu paket wisata di Tuban.

"Beberapa hal akan diupayakan. Semacam pembuatan promosi, petunjuk jalan dan guide. Sehigga orang dapat dituntun ke sana," pungkas Farid kepada blokTuban.com.[dwi/]