4562 Usulan Ramaikan Musrenbang Kecamatan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Sebanyak 4562 usulan ditetapkan saat pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Murenbang) tingkat kecamatan.

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, dalam Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tuban Tahun 2016 menyampaikan, usulan sebanyak 4562 dari hasil Musrenbang tingkat kecamatan tersebut memakan anggaran sekitar 1,3 triliun. Dengan usulan serta anggaran yang diperkirakan tersebut, Pemkab perlu melakukan beberapa hal.

"Seperti peningkatan alokasi dana wilayah (pagu kecamatan), peningkatan kualitas usulan hasil Murenbang kecamatan melalui verifikasi kelayakan teknis oleh UPTD, dan juga meningkatkan kualitas dan kuantitas usulan dengan SKPD teknis maupun dengan stakeholder. Tiga hal itu yanng perlu dilakukan oleh Pemkab," Kata Wabup.

Pria yang kembali terpilih sebagai wakil Bupati Tuban dua periode tersebut memaparkan, prosentase usulan dari Musrenbang tingkat kecamatan adalah sebagai berikut, untuk tingkat fisik prasarana sebanyak 48,51 persen, sedangkan untuk usaha ekonomi sebanyak 36,59 persen, dan yang terakhir adalah sosial budaya sebayak 14,90 persen.

"Dominasi usulan masih ada di fisik prasarana, disusul usaha ekonomi dan selanjutnya sosial budaya," jelas politikus asal PKB tersebut.

Lanjut pria kelahiran Kecamatan Rengel itu menyatakan, bahwa dominasi terkait fisik sarana dan prasana itu menjadi wajar, sebab hal tersebutlah yang langsung dirasakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

"Jadi infrastruktur itu sangat berdampak sekali, maka tak heran apabila usulannya juga mendominasi," pungkasnya. [nok/rom]