Tahun 2016 Dana Desa Naik 100 Persen Lebih

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Dana Desa (DD) untuk Kabupaten Tuban yang sebelumnya pada tahun 2015 adalah sebesar Rp88 miliar, kini di tahun 2016 mengalami kenaikan 100 persen lebih. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bapemas, Pemdes, dan KB Kabupaten Tuban, Mahmudi, saat menyampaikan materi pada pelaksanaan sosialisasi Dana Desa 2016 yang dilaksanakan di pendopo Kabupaten Tuban, Rabu (30/3/16).

Mahmudi mengatakan, bahwa di tahun 2016 ini DD mengalami kenaikan 100 persen lebih, jadinya yang diterima oleh Kabupaten Tuban adalah sebesar 197 miliar. Hal ini dilakukan oleh pemerintah pusat sebagai bentuk komitmen dalam upaya pembangunan desa agar terus mengalami peningkatan mutu kesejahteraan.

"Jika tahun 2015 hanya 88 milliar, sekarang sudah lebih jauh angkanya, jadi dana ini haruslah digunakan dengan baik oleh setiap desa, nanti itu tugasnya kepala desa yang mengatur serta harus dipertanggung jawabkan pula," jelasnya saat memberikan materi.

Selanjutnya, Masih kata Mahmudi menyatakan, untuk DD di tahun 2016 ini, masih belum bisa dicairkan karena masih menunggu beberapa hal yang digunakan sebagai prasyarat pencairan dana kesejahteraan desa tersebut. Prasyaratan itu meliputi tiga hal, yaitu Perda, Perbup dan penggunaan kebutuhan dana desa.

"Perda dan Perbupnya sudah kita kirim ke pemerintah pusat, namun untuk penggunaan kebutuhan dana desa yang belum dikirim, jika sudah dibuat maka akan segera kita kirimkan agar segera bisa dicairkan, oleh sebab itu mari kita ikuti forum ini dengan baik agar kita bisa mengerti tahapannya," pungkasnya.

Diketahui bahwa dalam pelaksanaan sosialisasi Dana Desa tahun 2016 ini diikuti oleh sebanyak 550 undangan yang terdiri dari pejabat pemerintahan, Kepala Desa, serta petugas Pendamping Desa.[nok/ito]