Isu Flu Burung, Tidak Pengaruhi Ternak Ayam di Montong

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Peternak ayam potong yang berada di kawasan Kecamatan Montong tidak terpengaruh terhadap adanya isu virus H5N1 atau sering disebut dengan flu burung yang saat ini meluas di berbagai wilayah di Indonesia. Sampai saat ini, peternak yang berada di kecamatan tersebut tidak tahu menahu gejala-gejala tentang virus flu burung.

Hal itu yang di ungkapkan oleh salah satu peternak ayam potong, di Desa Pucangan Kasrun (45). Adanya isu flu burung, tidak mempengaruhi peternakan di sini, mulai dari mengisi kandangnya sampai saat ini ayam-ayam tersebut sehat dan sama seperti tahun-tahun kemarin.

"Dari tahun ketahun ternak ayam yang saya miliki sama saja, dari sekian banyak ayam setiap hari ada yang mati, namun itu merupakan penyakit yang biasa, dan tidak karena terkena virus flu burung," ungkap Kasrun kepada blokTuban.com, (25/3/2016).

Ayam potong yang dirawat sejak kecil tersebut setiap hari diberikan vaksin yang di beli dari suatu perusahaan yang terkait, hal itu merupakan salah satu antisipasi sejak dini.

Kasrun menjelaskan bahwa sejak dulu hingga sekarang ternak ayam potong di kawasan Montong, terdapat di bulan-bulan tertentu yang rawan serangan penyakit, yakni pada akhir tahun.

"Alhamdulillah untuk saat ini ayam sehat, pemberian vaksin terus saya lakukan, kalau setiap ada yang mati langsung saya kubur," pungkas Kasrun.[hud/ito]