Panen Ayam Potong, Meningkat Hingga 15 Persen

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Meskipun saat ini banyak kandang ayam potong yang baru terisi bibit baru, namun salah satu peternak ayam potong di Desa Pucangan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban ini sedang melakukan panen, Minggu (20/3/2016).

Hasil panen kali ini setelah melakukan perawatan kurang lebih 36 hari tersebut membuahkan ayam-ayam yang baik, dibandingkan dari pada tahun yang lalu. Sehingga terdapat peningkatan hasil panen kurang lebih 15 persen.

"Kalau dibandingkan dengan tahun yang lalu, hasil panen ayam saat ini ada peningkatan, hal itu terlihat dari bobot ayam potong yang bagus. Selain itu ayam potong juga sehat-sehat," ujar Sahudi (45) salah satu peternak ayam potong Desa Pucangan kepada blokTuban.com.

Hal itu, dikarenakan perawatan ayam potong tersebut dilakukan secara maksimal, dan Sahudi mengaku peternakan ayam potong ini merupakan penghasilan satu-satunya.

Berhubung kapasitas kandang miliknya mampu menampung 3.000 ayam potong. Hasil dari panenan juga kurang lebih 3.000 ekor ayam untuk harga perkilonya saat ini sekitar Rp16.300. "Sekarang panen kurang lebih 3.000 ekor mas," imbuh Sahudi.

Meskipun panen yang dilakukan hanya sesuai dengan kapasitas kandang, namun hasil yang di peroleh saat panen baik sehingga banyak para pembeli dari berbagai daerah Kabupaten Tuban datang untuk melakukan transaksi jual beli ayam.[hud/ito]