Pentingnya Imunisasi Polio

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Penyakit Polio merupakan penyakit yang berbahaya yang bisa menyerang susunan saraf pusat anak yang disebabkan oleh virus Polio. Secara klinis, penyakit ini diderita anak di bawah umur 15 tahun yang bisa mengakibatkan menderita lumpuh layu akut.

Hari ini, Selasa (8/2/2016) adalah Hari Pekan Imunisasi Nasional (PIN). Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Saiful Hadi, menerangkan tentang bahaya penyakit polio.

"Penyakit Polio adalah penyakit yang sangat berbahaya dan rentan dialami anak pada usia balita (Bayi lima tahun)," katanya kepada blokTuban.com

Selanjutnya Saiful sapaan akrabnya menjelaskan, bahwa penyakit polio ini harus diwaspadai kepada seluruh ibu-ibu yang mempunyai balita, agar anak-anaknya kelak bisa sehat dan tidak terkena penyakit yang menyebabkan lumpuh tersebut.

"Tentunya kita tidak ingin generasi penerus kita nantinya akan terkena penyakit polio, oleh karena itu anak-anak perlu mengikuti Imunisasi Polio," jelas pria lulusan Unair tersebut.

Masih kata Saiful, gejala penyakit ini bisa ditandai dengan demam, nyeri otot dan ketegangan otot anak pada minggu pertama, karena hal tersebut adalah merupakan reaksi.

"Jika sudah ada tanda-tanda seperti itu, maka itu bisa merupakan gejala polio dan harus segera ditangani, untuk lebih baiknya orang tua harus mengikutkan anaknya imunisasi polio," pungkasnya. [nok/rom]