Kecamatan Kerek Jadi Fokus Pengentasan Buta Aksara

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kecamatan Kerek menjadi daerah yang diprioritaskan dalam pengentasan buta aksara oleh Pemerintah Kabupaten Tuban. Hal itu disampaikan, Kabid Pordikmas dan Jarahnitra Disdikpora Tuban, Toni Sudiyantono, menurutnya Kecamatan Kerek merupakan fokus dalam pengentasan buta huruf dengan alasan tertentu.

"Kecamatan Kerek merupakan daerah yang banyak pabrik besar, jadi masyarakatnya harus cerdas bisa baca agar tidak dibodohi," katanya kepada blokTuban.com

Selanjutnya, Tony sapaan akrabnya menjelaskan, meskipun sudah difokuskan untuk mengentaskan buta huruf, dirinya tidak mengelak jika kondisi di lapangan banyak kendala yang dialami karena terjadi penolakan dari masyarakat.

"Kami bertujuan memberikan pembelajaran agar masyarakat bisa baca, namun kadang masyarakatnya tidak mau, karena bilangnya sudah tua tidak perlu," jelasnya.

Tentunya hal tersebutlah yang menjadi masalah, meskipun demikian Disdikpora tetap akan menjalankan pengentasan buta aksara tersebut. "Nanti akan melalui Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FKPKBM) di tiap-tiap kecamatan untuk membantu mensukseskan pengentasan buta aksara," pungkasnya.[nok/col]