Kerugian Jalan Longsor Medalem Ditaksir Rp700 Juta

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Hujan deras serta longsor yang memutus jalan antar dusun yakni Dusun Soko menuju ke Dusun Tegalrejo, Desa Medalem, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban sudah terjadi kurang lebih 20 hari yang lalu. Hingga saat ini perbaikan infrastruktur itu dilakukan sekadarnya saja dengan memberi tumpukan sak yang berisikan pedel.

Hal itu dilakukan untuk penanggulangan sementara, agar warga tetap bisa melakukan aktifitas, dengan begitu perekonomian yang berada di desa tersebut tidak mengalami hambatan. Kepala Dusun (Kadus) Soko Suwarso menerangkan, berhubung intensitas hujan masih tinggi hasil dari gotong-royong masyarakat dan juga bantuan dari beberapa pihak yang terkait harus kembali ambles setelah guyuran hujan Kamis (3/3/2016) kemarin.

"Saat ini keadaan jalan kembali ambles dan menghambat perekonomian warga," ujar Kadus Soko kepada blokTuban.com.

Menurut Suwarso, untuk saat ini Jumat (4/3/2016) jalan yang pernah dibenahi dengan bergotong-royong tersebut kembali ambles hingga sedalam kurang lebih sembilan meter. Bahkan, panjang jalan yang longsor mencapai 25 meter.

"Dan diperkirakan kerugian longsor yang memutus total jalan sepanjang 25 meter tersebut mencapai kurang lebih Rp700 juta," ungkap Kadus tersebut saat dikonfirmasi.

Untuk sementara ini warga yang berada di Dusun Tegalrejo terisolir karena belum adanya jalan alternatif yang lain. Selain itu warga Dusun Soko yang akan ke sawah terpaksa mengurungkan niatnya untuk membawa sepeda motor terutama bagi para usia lanjut dan orang perempuan. [hud/col]