Tuban Baru Miliki Tiga TPA

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - 20 kecamatan tersebar di wilayah Kabupaten Tuban. Kendati demikian sampai saat ini, diketahui Tuban baru memiliki tiga Tempat Pembuangan AKhir (TPA) sampah.

"Sebetulnya sudah menjadi masalah serius di beberapa kecamatan, dalam hal pembuangan sampah. Belum semua kecamatan memiliki TPA. Baru Kecamatan Tuban, Rengel dan Jatirogo yang punya TPA," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Choliq Chunasich kepada blokTuban.com.

Permasalahan tersebut, lanjut Choliq, termasuk pangepul sampah dari lingkungan nampaknya balum semua berjalan. Sehigga, sampah berserakan dan dibuang sembrangan di pnggir jalan dan sekitarnya.

"Upaya program kegiatan yang diambil dari Anggaran Pendapatn Belanja Daerah (APBD), sudah membangun dan mengadakan kontainer atau pengangkut sampah. Seperti di Kecamatan Tambakboyo, Bancar, Jenu dan Palang sudah dilakukan, tapi pembuangan akhir masih kesulitan," kata Choliq menambahkan.

Ketigat TPA tersebut, sesuai data yang dihimpun blokTuban.com dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU), masih belum menyelesaikan persoalan pengolahan limbah sampah. Pada tahun 2014 penduduk di Kabupaten Tuban sekitar 1,15 juta jiwa, sementara itu produksi sampah setiap hari mencapai ratusan kubik.

Seperti diberitakan sebelumnya, setiap harinya Tuban memproduksi sampah sekitar 170 kubik. Jumlah sampah tersebut tercatat diproduksi oleh beberapa kecamatan dari total 20 kecamatan yang ada di Bumi Wali sebutan Tuban.

"Sementara ini, pembuangan sampah masih bisa dicover ke TPA terdekat. Untuk pemerataan kontainer pembuangan sampah membutuhkan biaya. Diharapkan masyarakat melalui lingkungan lurah, RT/Rw mau mengatur pembuangan sampah ke tempat yg sudah disediakan," pungkas Choliq. [dwi/rom]

*Foto tumpukan sampah di pinggir Jalur Pantura, tepatnya di wilayah perbatasan Desa Tasikmadu dengan Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.