Pohon Ratusan Tahun Tumba Timpa Bangunan TK

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Pohon asam dengan usia ratusan tahun roboh menimpa satu bangunan Taman Kanak-Kanak (TK) Bina Bangsa, Desa Sumurgung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Selain menimpa TK, pohon asam ini juga menimpa satu bangunan yang difungsikan sebagai lumbung Beras Miskin (Raskin).

Akibat tertimpa pohon dengan keliling sekitar 6 meter ini, atap kedua bangunanZ rusak parah. Warga dibantu petugas kepolisian serta aparat TNI, langsung mengevakuasi batang pohon. Dibutuhkan waktu lebih dari empat jam untuk menyingkirkan batang pohon dari atap bangunan.

"Pohon asam ini roboh setelah ada angin kencang disertai hujan lebat," jelas Kepala Desa (Kades) Sumurgung, Fetimatuzzahro, kepada blokTuban.com, Kamis (18/2/2016).

Feti menduga, selain angin kencang robohnya pohon ini juga faktor akar dan batang yang sudah mulai lapuk. Karena pohon ini sudah tertanam sejak tiga generasi, dengan usia ditaksir nyaris 200 tahun.

"Karena angin kencang akarnya sampai tercerabut dari tanah, kemudian jatuh menimpa bangunan TK dan lumbung Raskin milik desa," terang Feti.

Beruntung kejadian ini terjadi malam hari. Sehingga tidak ada aktivitas sama sekali di sekolah. Karena bangunan rusak berat, aktivitas belajar mengajar diliburkan selama satu hari.

"Sementara perbaikan ditalangi menggunakan uang desa dulu, yang penting kita targetkan harus sudah diperbaiki hari ini sehingga besok anak-anak sudah bisa belajar," jelas Feti. [pur/col]