Bukit Ngrengit, Layak Dijadikan Destinasi Wisata Bumi Wali

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bukit Ngrengit merupakan salah satu destinasi wisata alam dan wisata religi di Desa Ngrejeng, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban.

Bukit yang berada di ketinggian kurang lebih 460 meter dari permukaan laut tersebut, merupakan salah satu puncak tertinggi yang ada di Bumi Wali sebutan lain Kabupaten tuban. Di Desa tersebut, terdapat tiga dusun yakni Dusun Ngrejeng Nggeneng, Ngrejeng Ledok, dan Nggaleh.

Bukit gunung Ngrengit, saat hari Minggu dan hari-hari libur, banyak dikunjungi para wisatawan baik dari Kabupaten Tuban maupun luar.

Kepala Desa (Kades) Ngrejeng, Bahrul Ulum mengatakan, puncak yang berada sekitar 22 kilometer dari Kota Tuban tersebut, mulai tahun 2010 ramai didatangi para pengunjung. Tempatnya yang sejuk, begitupun pemandangan yang indah bisa dilihat dari bukit Ngrengit.

"Pemerintah desa ingin menjadikan tempat tersebut menjadi salah satu destinasi wisata," terang Kades kepada blokTuban.com, Minggu (14/2/2016).

Selain wisata yang menyuguhkan keindahan pemandangan Kabupaten Tuban, puncak tersebut juga terdapat makam waliyullah yakni makam Mbah Shodiqo, yang konon dipercayai warga setempat sebagai tokoh yang pertama kali babat alas kawasan Desa Ngrejeng.

"Selain menikmati nuansa alam yang indah, para pengunjung juga bisa melakukan ziarah di makam Mbah Shodiqo," tambahnya.

Sekretaris Desa (Sekdes) Ngrejeng, Rodli (44) menceritakan, bukit Ngregit ini dulunya banyak bebatuan besar dan sulit untuk dilewati, namun pada saat pemerintah desa melakukan pembangunan pada makam tersebut, saat ini lokasinya mudah dijangkau dan tempatnya cukup lapang.

"Hanya berjarak kurang lebih 500 meter dari kantor kepala desa," ungkapnya.

Untuk perencanaan Pemerintah Desa (Pemdes) setempat, bukit tersebut akan dijadikan sebuah objek wisata yang berada di Kecamatan Grabagan, yakni sebagai objek wisata alam dan objek wisata religi. [hud/rom]