Banjir Surut, Petani Bersihkan Sampah di Sawah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Para petani yang berada di Desa Sumurgung, Kecamatan/kabupaten Tuban mulai membersihkan lumpur bercampur sampah yang dibawa oleh banjir pada Selasa (9/2/2016). Sampah-sampah tersebut terlihat berserakan menutupi padi yang telah berusia sekitar 60 hari.

Menumpuknya sampah yang bercampur lumpur tersebut terbawa banjir yang disebabkan oleh derasnya hujan yang mengguyur sehingga mengakibatkan jebolnya tanggul Sungai Avor Jambon.

Setelah banjir surut pada Rabu (10/2/2016), sampah yang bercampur lumpur tersebut masih tertinggal di tanaman padi para petani, dan banyak tanaman padi yang tertutupi sampah.

Salah satu petani Desa Sumurgung, Sampan (45) mengatakan, setelah banjir yang melanda kemarin hampir semua tanaman padi yang berada di dekat tanggul yang jebol tertutup sampah.

"Seperempat hertare sawah yang saya miliki ini hampir semua tertimbun sampah bercampur lumpur," ungkap Sampan Kepada blokTuban.com.

selain itu banyak tanaman padi milik petani yang berada di bawah tanggul Sungai Avor Jambon roboh. Petani yang lain Sungkono (40) mengaku saat banjir surut para petani untuk membersihkan lahan sawahnya. "Kemungkinan besar nanti hasil panen bakal menurun," kata Sungkono. [hud/col]