Hujan Deras...Waspada Pohon Tumbang dan Bencana Lain

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Hujan deras mengguyur hampir sebagian besar wilayah Kabupaten Tuban. Selain banjir, peristiwa pohon tumbang bisa terjadi kapan pun dan dimana pun sehingga perlu diwaspadai.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Joko Ludiyono, meminta agar masyarakat tidak berlindung di bawah pohon ketika musim penghujan. Seringnya terjadi pohon tumbang, menjadi salah satu peringatan untuk mewaspadai kejadian ini.

"Kami meminta ketika hujan deras, warga jangan berteduh di bawah pohon. Cari tempat lain yang aman," kata Joko Ludiyono, Senin (8/2/2016).

Tumbangnya pohon tidak hanya karena hujan. Tapi, juga karena faktor angin kencang, puting beliung, atau pun karena sudah lapuknya akar pohon tersebut.

Selain pohon tumbang, warga juga diminta untuk mewaspadai potensi bencana lain. Di antaranya puting beliung, banjir bandang, luapan Bengawan Solo dan sambaran petir.

"Bahkan untuk banjir bandang sekarang tidak hanya terjadi di wilayah pegunungan saja, tapi juga sudah beberapa kali terjadi di wilayah perkotaan," kata Joko. [pur/col]