KSB Sediakan Dua Waktu Sembahyang saat Imlek

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Meski berencana melakukan perayaan tahun baru Imlek secara sederhana pada 8 Februari 2016 mendatang, Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio (KSB) Tuban, tetap akan menggelar ritual sembahyang bersama umat.

Ketua Pengurus TITD KSB, Gunawan Putra Wirawan, menjelaskan sembahyang akan dilakukan dua kali di tempat ibadah ini. Sembahyang pertama, pada 7 Februari malam sekitar pukul 21.00 WIB, dengan jamaah dari umat KSB sendiri. Kemudian sembahyang kedua, dilaksanakan keesokan harinya dan biasanya dilakukan umat dari luar klenteng.

"Kalau malam dari umat Kwan Sing Bio sekitar 200 orang, kemudian keesokan harinya umat dari luar kota dengan jumlah perkiraan 500 orang," terang Gunawan.

Selain beribadah, antar umat biasanya akan menjalin silaturahmi. Serta mendatangi Patung Kongco untuk mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek ke 2.567. Tahun ini, menurut perhitungan kalender Tionghoa (China), adalah tahun monyet api.

"Kita umat Tri Dharma berharap Indonesia, dan khususnya Tuban bisa lebih makmur dan aman," tandasnya.

Diketahui, KSB yang berada di Jalan Re Martadinata, Kabupaten Tuban, merupakan salah satu klenteng yang terkenal di se antero Asia Tenggara. Posisi klenteng yang menghadap persis di laut utara, menjadikan tempat ibadah ini dipercaya membawa keberuntungan. Selain itu, klenteng ini merupakan salah satu destinasi wisata di Tuban. [pur/rom]