Peternak Lebah, Manfaatkan Jagung Muda Tingkatkan Produksi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Saat ini jagung di desa-desa di Kecamatan Montong tepatnya di Desa Talun sudah mulai menampakkan bunganya bahkan ada yang sudah berisi tongkol kecil. Isi jagungnya yang masih kecil (kathek) dimanfaatkan para peternak lebah madu, Jumat (29/1/2016).

Para peternak lebah madu ini membiarkan lebah madunya untuk mencari sari dari pohon jagung yang berfungsi memberikan hasil produksi yang melimpah. Bahkan, petenak madu yang datang ke Kecamatan Montong tidak hanya dari Kabupaten Tuban, ada pula yang dari luar daerah.

Peternak lebah madu dari Kabupaten Kediri, Tomo (34) mengaku, setiap bulan dia berpindah-pindah tempat, untuk saat ini dia mempunyai sekitar 300 kotak yang berisi lebah dan ditempatkan di dekat ladang Jagung.

"Setiap bulan berpindah tempat, biasanya kalau bulan enam mulailah pemanenan madu," terang Tomo kepada blokTuban.com.

Lebah-lebah ini diberi makan dari penernak setiap harinya satu kali untuk selanjutnya biasanya lebah bisa mencari makan di ladang jagung langsung.

Pemanfaatan jagung yang mulai memunculkan bunga dan beberapa isinya tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi para peternak lebah. "Kami pindah keKabupaten Tuban ini baru sekitar lima hari," tutup Tomo. [hud/col]