KSB Siapkan 50 Miliar untuk Pagoda 9 Lantai

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Klenteng Kwan Sing Bio (KSB) Tuban menyiapkan dana Rp50 miliar untuk pembangunan Pagoda 9 lantai.

Pembangunan Pagoda diklaim akan dimulai tahun ini dan bisa selesai tahun 2018. Selain itu, pembangunan Pagoda ini juga diklaim tidak akan menimbulkan polemik, karena dibuat di tanah milik KSB seluas 2 hektar yang ada di dalam lokasi Klenteng.

"Dana ini tidak untuk pembangunan Pagoda saja, tetapi juga untuk pembangunan fasilitas tambahan seperti tempat rekreasi keagamaan," jelas Ketua Penilik KSB, Alim Sugiantoro, Kamis (28/1/2016).

Alim menjelaskan, gambar atau sketsa pembangunan Pagoda juga sudah jadi. Menggunakan jasa arsitek dari Indonesia dan arsitek dari negara China.

"Saat ini, kita masih menunggu proses perijinan turun. Ketika ijin ini sudah selesai, tenaga arsitek dari dua negara ini akan langsung kami datangkan," jelas pria yang juga produser film ternama di Ibu kota ini menjelaskan.

Diketahui, pembangunan Pagoda sempat terbengkalai, padahal peletakan batu pertama sudah dilakukan pada 2008 silam. Dihadiri menteri agama yang kala itu dijabat, Maftuh Basyumi.

Pagoda ini, sempat akan dibangun dengan cara menguruk laut utara di depan Kwan Sing Bio. Hanya saja, pengurus klenteng tampaknya kesulitan merealisasikan ide tersebut, karena terganjal perijinan dan protes dari aktivis lingkungan. [pur/rom]