Hampir 8 Tahun, Jalan Desa Genaharjo Rusak Parah

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Jalan Desa Genaharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, mengalami kerusakan cukup parah sejak delapan tahun terakhir.

Meskipun jalan desa, akses ini merupakan penghubung antara Desa Genaharjo dengan Desa Kowang, yang ada di kecamatan yang sama. Bahkan juga bisa menjadi penghubung dengan beberapa perdukuhan di Kelurahan Gedongombo.

"Sejak dibuat pada 2004 lalu, jalan ini sama sekali tidak pernah mendapatkan perawatan," jelas salah satu tokoh pemuda Desa Genaharjo, Suantoko, kepada blokTuban.com, Sabtu (30/1/2016).

Pantauan blokTuban.com, nyaris semua bagian aspal jalan mengelupas. Hanya menyisakan batuan yang menjadi bahan dasar pembuatan jalan. Selain itu, batu-batuan di tempat ini juga bercampur dengan pasir dan tanah.

"Kalau hujan sangat licin, padahal di tengah akses jalan ini banyak sekali pemukiman warga," lanjut pria yang berprofesi sebagai dosen di salah satu kampus Tuban ini menjelaskan.

Suantoko mengatakan, ketika melakukan kunjungan, Bupati Tuban, Fathul Huda, pernah meminta agar jalan ini mendapatkan perbaikan. "Tapi sampai sekarang, tidak pernah ada kabar berita lagi," jelasnya.

Pengendara yang tengah melintas, Heni (27), mengaku cukup kaget dengan adanya jalan rusak separah ini di Tuban. Padahal, Tuban merupakan kota yang terkenal dengan pembangunan jalannya. Heni, kebetulan berada di tempat ini untuk melihat salah satu mata air yang biasa disebut Sendang Pancur oleh warga sekitar.

"Tuban kan terkenal jalannya, kok masih ada jalan yang separah ini," tandasnya. [pur/rom]