Raskin Dihapus, Ganti Beras Sejahtera

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Beras untuk masyarakat miskin (Raskin), yang biasa diterima warga kurang mampu dipastikan akan dihapus mulai tahun 2016 ini. Sebagai gantinya, warga akan mendapat Beras Masyarakat Sejahtera (Rasta).

Ada beberapa perbedaan antara Raskin dan Rasta. Apabila Raskin adalah beras dengan kualitas medium yang diberikan kepada warga, tetapi untuk Rasta warga akan mendapatkan beras dengan kualitas premium.

Hal ini diketahui, setelah Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban melakukan kunjungan ke kantor Bulog Pusat yang ada di Jakarta. Beras untuk program Rasta ini, biasanya dijual dengan harga Rp7.300/kilogram.

"Tetapi untuk masyarakat tidak mampu, beras ini akan dibagi dengan harga Rp1.600/kilogram, sisanya merupakan subsidi dari pemerintah," terang salah satu anggota Komisi B DPRD Tuban, Cancoko, kepada blokTuban.com, Rabu (27/1/2016).

Bulog pusat, menurut politisi asal Partai Demokrat itu juga berjanji akan mengawasi dengan ketat peredaran beras tersebut. Sehingga beras yang tidak layak konsumsi tidak sampai ke tangan warga, seperti yang terjadi beberapa bulan silam.

Seperti diberitakan sebelumnya, sempat beredaran di warga beras dari pembagian jatah Raskin yang warnanya menguning dan kurang layak konsumsi. Termasuk temuan di Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. [pur/mad]