Angka Kematian Ibu dan Anak di Tuban Naik

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Angka Kematian Anak (AKA) dan Angka Kematian Ibu (AKI) di Kabupaten Tuban mengalami kenaikan secara drastis. Data yang didapat blokTuban.com, AKA di Tuban mencapai 186 kasus pada tahun 2014 dan naik menjadi 225 kasus pada tahun 2015. Sementara AKI mencapai 10 kasus pada tahun 2014 dan naik menjadi 12 kasus pada tahun 2015.

"Karena meningkatnya kasus ini, kami sekarang sedang gencar melakukan sosialisasi untuk membantu pemerintah meminimalisir kematian anak dan ibu," jelas kordinator Forum Masyarakat Madani (FMM) Ronggolawe, dr. Windu Budiarti, ketika sosialisasi di Pendopo Kabupaten Tuban, Rabu (27/1/2016).

Salah satu caranya adalah pembentukan FMM di 20 kecamatan. Harapannya, dengan pembentukan ini bisa meneruskan isu-isu mengenai AKA dan AKI kepada masyarakat, serta bagaimana usaha penanganan untuk meminimalisir kasus ini.

FMM, menurut Windu, adalah forum yang diinisiasi oleh sejumlah Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) yang peduli mengenai kasus ini. Sudah ada 20 OMS dan organisasi lintas profesi dengan berbagai latar belakang, yang menyatakan komitmen bergabung terdiri dari LSM, Jurnalis, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama.

"Kami sudah terbentuk di 8 kecamatan, harapan kami pembentukan di kecamatan-kecamatan yang lain juga bisa dilakukan segera," terang Windu.

Kedepan, organisasi atau lembaga yang tergabung di FMM, diharapkan bisa meneruskan dan menyosialisasikan agenda penurunan angka kematian ibu dan anak. Minimal untuk masing-masing anggota organisasi atau lembaga yang bersangkutan. [pur/col]