Aneh! Ada Pisang Tandan Tiga  di Tegalagung

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Fenomena menarik di salah satu pohon pisang yang ada di Dusun Kiringan, Desa Tegalagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Apabila selama ini pohon pisang hanya mempunyai satu tandan/tundun (dahan tempat buah pisang menempel), tetapi di desa ini ada satu pohon pisang dengan tiga tandan sekaligus.

Pisang ini, adalah milik Jupri (50), warga Tegalagung. Keanehan pisang miliknya sudah mulai diketahui sejak satu bulan terakhir. Setelah pisang jenis raja miliknya mulai berbuah dan mengeluarkan tiga tandan buah sekaligus.

"Pisangnya aneh, biasanya kan hanya ada satu tapi ini sampai ada tiga dan semuanya berbuah," jelas salah satu warga Narwi (43), di lokasi, Selasa (19/1/2016).

Pantauan di lokasi, batang pohon pisang ini tampak biasa dengan ukuran normal. Hanya saja, di atasnya ada tiga tandan buah pisang yang sudah mulai membesar. Karena tiga tandan mulai berbuah, pohon pisang tampak tidak kuat menyangga dan sengaja ditopang menggunakan satu balok dari kayu.

"Sengaja diberi penopang agar pisang tidak roboh dan rusak, apalagi buahnya sekarang semakin besar," jelas Perangkat Desa Tegalagung, Tamaji (46), ketika ikut berada di lokasi.

Mereka berharap, pisang yang sudah mulai besar ini bisa menua dan sampai masak agar buahnya bisa dinikmati bersama. [pur/col]