Usai Pembukaan, Lanjutkan Pleno di MI Muhammadiyah Panyuran

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) Muhammadiyah ke XI dan Aisiyah, akhirnya selesai dengan lancar. Pembukaan yang dilakukan di gedung KSPKP, Jalan Dr Wahidin Sudiro Husodo ini diikuti sekitar 4.500 warga Muhammadiyah.

Pembukaan sendiri, juga dihadiri perwakilan Pengurus Wilayah (PW) sampai Pengurus Pusat (PP), pejabat pemerintahan, dan juga juru bicara Bupati Fathul Huda, Sulistiyadi.

"Pembukaan sendiri ditandai dengan pawai taaruf dan iringan drum band, setelah itu melakukan pembukaan bersama di gedung KSPKP Tuban," jelas koordinator acara Musda Muhammadiyah, Abdul Majid Tamum, di lokasi acara, Sabtu (16/1/2016).

Di pembukaan, Ketua Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiyah Jawa Timur, Saad Ibrahim, berpesan kepada seluruh kader Muhammadiyah untuk menjaga marwah organisasi. Dia menegaskan, Muhammadiyah berkhidmat tidak hanya untuk Muhammadiyah dan Aisiyah saja, tapi juga untuk kepentingan yang lebih besar.

"Muhammadiyah juga berkhidmat untuk bangsa, dan lebih tinggi lagi berkhidmat untuk kemanusiaan secara keseluruhan," pesan Saad Ibrahim.

Pantauan blokTuban.com, acara pembukaan ini selesai sekitar pukul 12.30 WIB. Banyaknya jamaah yang datang sempat membuat arus lalu lintas di Jalan Dr Wahidin Sudiro Husodo tersendat. Beruntung kondisi ini tidak berlangsung lama, sebab banyak petugas kepolisian berjaga dan mengatur jalannya lalu lintas.

Usai pembukaan, semua Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah akan menggelar pleno dengan membahas berbagai hal. Salah satunya adalah suksesi kepemimpinan ke depan. Pleno sendiri, rencananya akan dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah III Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. [pur/rom]